code by reddragondesignscode by reddragondesignscode by reddragondesignscode by reddragondesignscode by reddragondesignscode by reddragondesignscode by reddragondesignscode by reddragondesignscode by reddragondesignscode by reddragondesignscode by reddragondesignscode by reddragondesignscode by reddragondesignscode by reddragondesignscode by reddragondesignscode by reddragondesignscode by reddragondesignscode by reddragondesigns

Jumat, 16 November 2012

Gerbang-Gerbang Logika


Gerbang – gerbang logika

Pengertian : Gerbang logika (logic gate) merupakan dasar pembentukan sistem digital.Istilah gerbang digunakan  untuk menggambarkan suatu rangkaian yang melakukan logica dasar.Gerbang bilangan binner disebut "Gerbang Logica bilangan Binner".tegangan yang digunakan pada rangkaian elektronika hanya tanggap terhadap logika 1 dan 0. Tinggi " Hight"= 1,Rendah "Low"=0.

 
* Gerbang Logica Dasar

A.Gerbang AND 
     Mempuyai 2 atau lebih masukan dan 1 keluaran.Disebut juga Gerbang semua atau satupun.karena gerang AND akan menghasilkan keluaran (x) berlogica 1 jika semua maukan berlogica 1.jika semua masukan berlogica 1 maka keluarannya berlogica 1(selain kombinasi tersebut,keluarannya 0).

B.Gerbang OR
       Mempuyai 2 atau lebih masukan dan 1 kearalun.Gerbang OR menghasilkan keluaran 1,jika salah satu atau emua masukan berlogica 1.Akan menghasilkan keluaran 0 jika semua masukan berlogica 0.

C.Gerbang NOT
       Gerbang NOT disebut juga Gerbang Pembalik (Inverter).Mempunyai 1 masukan dan 1 kuluaran.Gerbang NOT tidak memiliki lebih dari 1 masukan.Indikator peningkatan dilukiskan dengan sebuah bulatan dibagian masukan atau keluaran.Keluaran NOT akan menghasilkan 1jika masukan berlogica 0 dan sebaliknya.

  * Gerbang Logica Gabungan 
       Gerbang logica Gabungan yaitu gerbang logica yang dihasilkan dari penggabungan 2 atau lebih gerbang" dasar dan menghasilkan fungi baru yang unik.
 4 jenis gerbang logica gabungan yang terkenal:

A.Gerbang NAND
        Istilah NAND adalah kependekan dari NOT-AND.Dengan mengkombinasikan beberapa Gerbang   NAND,maka dapat dibentuk Gerbang" lain.

B.Gerbang NOR
       Dalam operasiya,gerbang NOR sama dengan Gerbang OR negatif.Gerbang OR negatif yaitu gerbang yng masukan nya di-NOT-kan (diinverter) terlebih dahulu.

C.Gerbang XOR 
        Istilah XOR adalah kependekan dari NOT-OR dengan mengkombinasikan beberapa gerbang XOR maka dapat dibettuk gerbang"lain.Keluaran gerbang XOR dihubungkan dengan masukan gerbang XOR.Maka gerbang baru yang terbentuk itu akan mempunyai perilaku berkebalikan dari gerbang OR.

D.Gerbang EXNOR
        Dalam operasinya,gerbang EXNOR sama dengan Gerbang AND-negatif.Gerbang AND-negatif adalah gerbang AND yang setiap masukannya di-NOT-kan (diinterverkan) terlebih dahulu.Dengan demikian maka Gerbang NOR=Gerbang AND Negatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar